Ruang Pleno, Halaman Depan Pesantren
Kamis, 27 April 2017
Pukul 08.30-12.00 WIB

Launching/peluncuran dan diskusi buku merupakan salah satu ajang untuk membangun dan berbagi pengetahuan (knowledge building and knowledge sharing) tentang potret riil ulama perempuan dan apa yang mereka lakukan di tengah komunitas dan umatnya. Kegiatan ini dilakukan sebagai side-event Kongres, pada saat sebagian perwakilan peserta tengah terlibat dalam perumusan pandangan keagamaan di Musyawarah Kongres. Ada dua buku yang akan diluncurkan dalam kegiatan ini, yakni:

  1. Jejak Perjuangan Keulamaan Perempuan, diterbitkan oleh Rahima dan KUPI dalam rangka menyongsong Kongres KUPI 2017.
  2. Buku “Dari Inspirasi Menjadi Harapan: Perempuan Muslim Indonesia dan Harapannya kepada Islam yang Pluralis dan Damai”, diterbitkan LBH Apik tahun 2014

Tehnis Pelaksanaan

Acara ini akan diawali dengan penyerahan secara simbolis buku yang diterbitkan kepada 10 orang ulama perempuan dari berbagai latar belakang, termasuk para penulis/kontributor buku maupun tokoh-tokoh yang ditulisnya. Selanjutnya diberikan kesempatan kepada para narasumber atau panelis untuk mengungkapkan gagasan atau bacaannya atas kedua buku tersebut selama masing-masing 15-20 menit, dan selanjutnya mengundang audiens untuk melakukan tanya jawab. Perkiraan waktu untuk launching dan diskusi buku ini adalah 2,5 jam (150 menit).

Narasumber:

1) KH. Helmy Ali Yafie
2) Prof. Dr. Nurjannah Ismail.
3) Ratna Batara Munti.
4) Nyai Hj. Ruqayyah Ma’shum.

Moderator: Farha Ciciek
Penanggung-Jawab   : AD Kusumaningtyas

Selesai peluncuran buku, dilanjutkan dengan peluncuran Website KUPI dan Media Mubadalah. Peluncuran ini dimaksudkan agar terjadi upaya membangun dan berbagi pengetahuan terkait ulama dan keulamaan perempuan, sosoknya, kiprah dan peran yang mereka lakukan di komunitas, maupun diskursus keagamaan Islam dengan perspektif melihat laki-laki dan perempuan dalam relasi yang adil yang setara.

Melalui launching website ini diperkenalkan alamat/situs websitenya, menu-menu informasi yang disajikan, dan bagaimana cara agar publik turut berpartisipasi untuk mengisinya. Acara ini akan dilaksanakan melalui presentasi dari narasumber Maimunah Mujahid selama 30 menit, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta selama 60 menit. Total waktu yang dibutuhkan adalah 1,5 jam (90 menit).

Acara dilaksanakan sesudah launching buku.

Narasumber:

  1. Alifatul Arifiati (Fahmina Institute Cirebon)
  2. Ruby Khalifah (Country Representative Aman Indonesia)

Moderator:  AD Kusumaningtyas
Penanggung-Jawab: AD Kusumaningtyas

Comments

comments