Beberapa hal terkait logistik dasar Kongres diinformasikan sebagai berikut:

Transportasi

Kedatangan dan kepulangan peserta ke/dari lokasi kongres menjadi tanggung-jawab masing-masing peserta. Lokasi Kongres adalah: Pondok Pesantren Kebon Jambu al-Islami, Babakan Ciwaringin Cirebon Jawa Barat. (Keterangan ada 2 Babakan di Cirebon, Babakan Ciledug adalah bagian Timur Cirebon, ini berbeda dari Babakan Ciwaringin, bagian Barat Cirebon, Lokasi Pesantren tempat Kongres ada di Babakan Ciwaringin).

Diharapkan peserta memberitahu kepada panitia jenis armada yang digunakan (bis rombongan, mobil pribadi, kereta api, atau bisa umum) untuk koordinasi lebih lanjut. Panitia akan menyediakan guide di stasiun dan terminal Cirebon untuk memudahkan pengambilan transportasi berikutnya ke lokasi kongres. Informasi lebih detail akan disediakan 7 hari menjelang hari-H.

Bagi peserta Kongres yang diterima sebagai peserta Seminar Internasional (pagi, 25 April 2017, di IAIN Syekh Nurjati Cirebon) harus sudah berada di Cirebon sehari sebelumnya. Yaitu Senin tanggal 24 April 2017. Bagi yang tidak mengikuti Seminar ini, paling lambat sudah hadir di Lokasi Kongres jam 11.00 tanggal 25 April 2017. Karena jam 13.00 sudah dimulai agenda kegiatan yang didahului makan siang.

Info Transportasi Ke Lokasi Kongres

  1. Dari Bandara Soekarno Hatta tersedia angkutan Umum Bis DAMRI, terjadwal setiap setengah jam, dari Bandara ke Stasiun Gambir (biaya Rp. 40.000) atau bisa mengambil taksi yang tersedia di Airport (antara Rp. 150.000-200.000). Dari Gambir, Kereta yang khusus jurusan Gambir-Cirebon adalah Cirebon Ekspres, Tegal Bahari, dan Argojati (Biaya antara Rp. 80.000-Rp. 180.000, tergantung kelas dan kursi). Tetapi juga bisa mengambil kereta jurusan manapun, yang turun di Stasiun Cirebon. Ada 20 jadwal kereta api yang menuju arah Timur dari Gambir, akan turun di Stasiun Cirebon. Kereta pertama Jam 07.00 dan kereta terakhir jam 22.20. Jika naik kereta api, disarankan sudah beli tiket terlebih dahulu melalui online (https://tiket.kereta-api.co.id), androids, alfamaret, atau indomaret. Jika beli langsung, tersedia di konter pembelian langsung di pintu utara (maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan, lebih dari 3 jam harus lewat mesin), atau di mesin pembelian langsung (minimal 1 jam sebelum keberangkatan, kurang dari 1 jam tidak bisa dilayani).
  2. Jarak dari Stasiun Kereta Api Kejaksan Cirebon ke Pondok Pesantren Kebon Jambu ± 24 Km.
  3. Menggunakan mobil umum: Angkutan kota D5 (Jurusan Dukuh Semar – Drajat) turun di perempatan Grage Mall. Kemudian naik Angkop GP (Jurusan Gunungsari – Plered) turun di bundaran Kedawung. Dari Kedawaung cari mobil mini bus (Elf) jurusan Cirebon-Kadipaten atau Cirebon Rajagaluh, turun di pertigaan Pesantren Babakan Ciwaringin. Dari sini, jalan kaki ± 100 m ke PP Kebon Jambu Babakan Ciwaringin.

Tarif Angkutan Kota Rp. 4.000

Tarif Mini Bus (Elf)  Rp. 10.000

4. Menggunakan Ojeg Motor ke Jalan Kartini. Kemudian, cari mobil angkutan kota GP (Gunungsari-Plered) turun di bundaran Kedawung, selanjutnya lihat item no. 3

Tarif Ojeg kisaran Rp. 10.000 – 15.000

5. Menggunakan Taxi Bhineka dari Stasiun bisa langsung ke lokasi Kongres dengan kisaran biaya Rp. 135.000 – 150.000.

6. Jika Anda turun di Stasiun Cirebon Prujakan, Jarak dari Stasiun Kereta Api Parujakan Cirebon (Stasiun Khusus Kereta Ekonomi) ke Pondok Pesantren Kebon Jambu. (± 22,9 Km). Selanjutnya Anda perlu naik angkutan umum GP (Gunungsari-Parujakan) turun di bundaran Kedawung. Selanjutnya lihat no.3 di atas (atau ambil taksi Bhineka).

Untuk mempermudah akses transportasi, Panitia KUPI menyediakan alat transportasi berbayar dengan pilihan:

1. Jenis mobil angkutan kota dengan kapasitas maksimal 9 orang dengan biaya Rp. 40.000/orang.

2. Jenis mobil xenia, avanza, dan lain-lain dengan kapasitas 5 orang dengan biaya Rp. 100.000,-/orang.

Bagi yang ingin menggunakan jasa transportasi dari panitia, dimohon untuk menginformasikan terlebih dahulu paling lambat 3 hari sebelumnya. Kontak person: Bapak Rohman, No. HP/WA: 089630231017.

Dan, Jika anda menggunakan kendaraan pribadi bisa akses di hp android (google maps) dengan keywoard: Pondok Pesantren Kebon Jambu Babakan Ciwaringin Cirebon.

Akomodasi

Untuk 500 orang peserta yang terdaftar sebagai peserta inti dan penuh waktu akan disediakan secara gratis penginapan di pesantren. Akomodasi ini tersedia sejak Pagi Selasa 25 April 2017 sampai 27 April 2017. Peserta diharapkan membawa kebutuhan mandi sendiri seperti handuk, sabun, dan sampo.Untuk peserta yang ingin fasilitas lebih bisa menyewa rumah penduduk atau hotel di Kota Cirebon dengan tanggungan sendiri.

Akomodasi peserta/pengamat/tamu (selain 500 peserta inti) menjadi tanggung-jawab masing-masing. Di sekitar Pondok lokasi Kongres, ada asrama pondok, wisma sekolah, dan rumah-rumah penduduk yang bisa disewa. Informasi mengenai asrama/rumah penduduk yang bisa disewa akan disampaikan menyusul di web ini. Sementara informasi hotel bisa diakses secara online. Yang lebih mudah akses jalan ke lokasi Kongres, adalah hotel-hotel di jalan Dharsono, Jalan Tuparev, dan jalan Kartini di Kota Cirebon.

Konsumsi

Untuk 500 orang peserta inti  akan disediakan secara gratis makanan tiga kali dan snack dua kali. Terhitung mulai siang tanggal 25 April sampai siang 27 April di Lokasi Kongres. Di sekitar kegiatan Kongres juga akan dibuka warung-warung makanan khas Cirebon bagi yang berminat. Makanan dari warung menjadi tanggung-jawab masing-masing peserta.

Bagi Peserta Kongres yang akan mengikuti Seminar Internasional di IAIN, jika ingin menginap 24 malam di Pesantren Lokasi Kongres, maka konsumsinya menjadi tangung-jawab masing-masing. Tetapi pada saat Seminar (25/04/17) di lokasi Seminar, tersedia konsumsi.

Konsumsi semua peserta/pengamat/tamu, selain 500 orang peserta inti, menjadi tanggung-jawab masing-masing.

Layanan Tur

Panitia akan menyedian layanan tur berbayar bagi peserta yang berminat untuk melakukan kunjugan spiritual (Makam Sunan Gunung Jati atau pesantren-pesantren), kultural (keraton), dan komersial (sentra batik dan oleh-oleh khas Cirebon). Layanan ini akan dibuka mulai jam 16.30. Tur ini bersifat opsional dan semua peserta/pengamat/tamu yang beminat harus membayar.

Baca Informasi Pelaksanaan Tur Lokal Cirebon